web analytics

Cara cepat membakar lemak dgn olahraga yang tepat

August 22, 2012

Karena artikel ini membahas cara membakar lemak tubuh, maka saya asumsikan bahwa Anda membacanya karena sekarang Anda mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan atau bisa juga Anda mengalami kelebihan lemak hanya di daerah tertentu, seperti lemak di perut , paha dll.

Dan mungkin juga Anda sudah melakukan olahraga secara maksimal, tapi hasilnya tidak memuaskan. Ok, sebelumnya Anda perlu mengetahui bahwa melakukan satu jenis olahraga tertentu secara berulang-ulang, tidak akan efektif untuk mengurangi  lemak tubuh.

Mengapa demikian..? Lihat fakta-fakta di bawah ini.

Faktanya

  1. Tidak semua jenis olahraga bisa membakar lemak.
  2. Lemak tubuh akan dibakar jika cadangan gula yang berasal dari karbohidrat yang kita makan sudah habis digunakan.
  3. Untuk mengurangi lemak tubuh dgn cepat, diperlukan variasi dan penggabungan jenis olahraga yang tepat.
  4. Untuk membakar lemak tubuh Anda juga harus memperhatikan apa yang Anda makan setiap harinya. Ini akan menjadi hal terpenting yang harus dilakukan jika sekarang Anda memiliki berat badan berlebih.
  5. Ketika Anda melakukan satu jenis olahraga secara berulang-ulang, maka tubuh Anda akan beradaptasi dengannya. Contohnya bisa dilihat ketika Anda berusaha menurunkan berat Anda dgn cara mengurangi makan , awalnya Anda akan merasa lapar tapi lama kelamaan Anda akan terbiasa. Yang terjadi adalah tubuh Anda beradaptasi dgn cara mengirit tenaga yang digunakan sehingga metabolisme tubuh pun menjadi turun.

Jadi, bagaimana cara membakar lemak yang efektif dgn olahraga ?

Seperti yang sudah kita ketahui, ada 2 jenis olahraga yang sering dianjurkan yaitu : Angkat beban dan cardio. Angkat beban biasanya dilakukan untuk menambah masa otot atau melatih ketahanan otot melalui resistant training. Cardio dibagi menjadi 2 lagi , intensitas sedang dan tinggi. Cardio biasanya dilakukan untuk melatih otot organ tubuh seperti jantung dll.

Jadi cara yang lebih efektif untuk membakar lemak dgn cepat adalah menggabungkan jenis olahraga diatas dlm 5 hari latihan per minggu.

Rumusnya : 2 kali latihan Angkat beban/minggu @ selama 40 menit
           Latihan dianjurkan jenis Compound Exercises

           1 kali latihan cardio intensitas sedang/minggu 
           @ selama 30 sampai 60 menit
           Latihan terbaik adalah Brisk Walking

           2 kali latihan cardio intensitas tinggi/minggu 
           @ selama 10 sampai 20 menit
           Latihan dianjurkan bersepeda cepat atau lari
            " Lihat penjelasan singkatnya di bawah "

 NB :

  • Compound Exercises adalah latihan angkat beban yang ditargetkan untuk melatih keseluruhan otot tubuh dalam 1 kali latihan, Contohnya : squats, deadlifts, rows, dips, chins.
  • Brisk Walking adalah melakukan latihan jalan cepat , Contohnya : berjalan 3 km dalam waktu 30 menit, berjalan 5 km dalam waktu 45 menit atau berjalan 6,5 km dalam waktu 1 jam. Alat terbaik yang di gunakan adalah treadmil, karena anda bisa mengukur kecepatan jalan Anda sehingga mendapatkan pembakaran lemak yang maksimal.
  • Cardio intensitas tinggi bisa dilakukan dgn bersepeda statis di gym, latihan ini tidak memerlukan terlalu banyak waktu tetapi harus diperhatikan cara melakukan yang tepat.

Cara Melakukan latihan Cardio intensitas tinggi

Untuk pemula yang belum pernah melakukan latihan ini sebaiknya melakukan maksimal 10 menit dulu. Kemudian setelah terbiasa, Anda bisa meningkatkan waktu latihan Anda.

Agar hasilnya maksimal lebih baik menggunakan alat Heart Rate Monitor untuk mengukur detak jantung saat melakukan latihan.

Alat yang diperlukan :

  • Sepeda statis
  • Heart rate monitor

Sesi latihan ( pemula ), maksimal 10 menit

  1. Melakukan pemanasan selama 3 menit di atas sepeda dengan aturan detak jantung antara 80 % sampai 85 % dari detak jantung maksimal Anda.
  2. Setelah 3 menit pemanasan lakukan lakukan latihan inti selama 3 menit. Caranya : kayuh sepeda lebih cepat selama 15 detik ( detak jantung jangan melebihi dari 85 % ), setelah 15 detik kembali perlambat kayuhan Anda ( detak jantung jangan kurang dari 80 % ), lakukan cara ini berulang-ulang sampai 3 menit.
  3. Melakukan latihan pendinginan selama 3 menit diatas sepeda dengan aturan detak jantung jangan melebihi 50 % dari detak jantung maksimal Anda.

Cara menghitung detak jantung

Rumusnya; ( 220-umur )x persen anda

Contoh : Saya umur 30 tahun ingin melakukan latihan diatas maka detak
         jantung saya harus berkisar antara 152 sampai 162 per menit
         untuk latihan pemanasan dan latihan intinya.

         Perhitungan 1. (220-30th)x 0,80 = 152
                     2. (220-30th)x 0,85 = 162 

         Latihan pendinginan selama 3 menit dengan detak jantung dibawah
         95 detak per menit ( di bawah 50 % )

Bingung…!

membakar lemak

Jangan khawatir pada awalnya memang Anda akan sedikit bingung, tapi setelah menjalankannya beberapa kali Anda akan mulai terbiasa.

Dgn melakukan latihan ini , Anda akan membakar lemak dgn cepat dibandingkan Anda hanya melakukan 1 jenis latihan secara berulang-ulang selama 1 minggu.

Kalau Anda hitung-hitung latihan 5 kali seminggu diatas hanya menghabiskan waktu kurang dari 3 jam per minggu. Anda bisa menghemat waktu latihan Anda kan..!

” Sebelum melakukan latihan ini lebih baik jika Anda  berkonsultasi ke dokter Anda “.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>