web analytics

Cara membuat program latihan fitness berdasarkan type tubuh Anda

August 26, 2012

Apakah Anda telah melakukan latihan fitness selama berbulan-bulan, tapi tidak mendapatkan hasil yang Anda inginkan ?

Apakah Anda akan memulai program fitness, tapi belum memiliki rencana latihan Anda ?

Ok,  kalau begitu artikel ini saya buat untuk Anda.

Di artikel sebelumnya setting goal fitness untuk pemula saya sudah menjelaskan tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat goal Anda.

Salah satunya adalah tentang cara mengenali type tubuh Anda.

Mengapa saya perlu mengetahui type tubuh saya ?

Dgn mengetahui type tubuh Anda, terutama kadar lemak Anda, maka Anda akan lebih memahami cara kerja tubuh Anda, terutama dalam hal pemakaian energi saat beristirahat.

Tujuannya adalah agar Anda mengetahui cadangan energi yang tersisa saat memulai olahraga. ” Ingat olahraga yang berbeda menggunakan sumber tenaga yang berbeda pula ”

Rumusnya : Jenis latihan fitness         Sumber tenaga

           Latihan beban                 Gula
           Latihan aerobik               Lemak

Seperti yang Anda lihat di atas, ketika Anda ingin mengurangi lemak tubuh Anda , maka jenis olahraga terbaik yang Anda lakukan adalah jenis latihan aerobik atau kardiovaskuler.

Begitu juga sebaliknya ketika Anda melakukan latihan beban yang diperlukan adalah gula sebagai sumber tenaganya. Inilah yang tidak diketahui oleh pemula bahkan para advance.

” Selamat, dgn mengetahui hal ini , Anda sudah selangkah lebih maju dibandingkan orang yang belum membaca artikel ini “.

Ok, langkah selanjutnya adalah melakukan pembagian porsi latihan yang sesuai untuk Anda.

Lihat tabel di bawah

Type tubuh Istirahat memakai Tantangan pembakaran Porsi olahraga
Gemuk ( > 30 % ) Gula Lemak latihan beban 30 %, latihan aerobik 70 %
Sedang ( 15 – 30 % ) Gula/Lemak Gula/Lemak latihan beban 50 %, latihan aerobik 50 %
Atletis ( < 15 % ) Lemak Gula latihan beban 70 %, latihan aerobik 30 %

” Sumber : Tingkatkan IQ Fitness Anda “

Apa arti tabel di atas ?

latihan fitness
Saya akan menjelaskannya dgn contoh. Misalnya : Anda memiliki kadar lemak lebih dari 30 % ( > 30 % ), maka selama beristirahat tubuh Anda memakai gula sebagai sumber tenaga, jadi ketika Anda akan melakukan olahraga, maka tujuan Anda adalah untuk membakar lemak dlm tubuh Anda. Dan caranya adalah dgn membagi waktu latihan Anda.

Jika total waktu latihan Anda adalah 1 jam, maka 70 % atau selama 42 menit , Anda harus melakukan latihan Aerobik dan sisanya 30 % atau selama 18 menit untuk melakukan latihan beban.

Dgn cara ini maka hasil latihan fitness Anda pun akan lebih maksimal dan Anda akan membakar lemak tubuh lebih cepat dan lebih banyak.

Beberapa tips untuk mendapatkan hasil  latihan yang lebih maksimal.

  • Pastikan untuk melakukan latihan beban dulu sebelum melakukan latihan aerobik, terutama saat berlatih sesudah makan.
  • Saat kondisi perut kosong, seperti sebelum sarapan atau sebelum berbuka puasa, cukup lakukan latihan aerobik tanpa latihan beban.
  • Apabila harus melakukan latihan aerobik dahulu karena suatu alasan, lakukanlah dalam kondisi perut kosong. Setelah selesai, barulah mengkonsumsi dulu karbohidrat cepat serap seperti buah sebelum melakukan latihan beban.

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat program latihan fitness Anda, semoga dgn cara ini hasil latihan yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>