web analytics

Setting goal fitness untuk pemula

August 23, 2012

Membuat goal atau target fitness untuk pemula sangat penting dilakukan. Bahkan bisa di bilang kunci utama dari berhasil atau tidaknya program fitness Anda.

Mengapa membuat Goal ?

Sama seperti ketika Anda berencana untuk berlibur , Anda harus menentukan kemana Anda ingin pergi, naik transportasi apa, berapa anggaran yang Anda sediakan dan berapa lama Anda ingin berlibur.

Ini juga berlaku dalam membuat program fitness untuk pemula bahkan advance. Dengan membuat rencana maka anda akan mempunyai peta untuk mencapai tujuan Anda.

Beberapa  hal yang perlu diperhatikan untuk membuat goal fitness untuk pemula.

  • Kenali tubuh Anda

Cara yang paling tepat untuk mengenali tubuh Anda adalah melalui ukuran kadar lemak Anda. Dengan mengetahui kadar lemak tubuh , maka Anda akan bisa menentukan jenis latihan yang akan Anda lakukan nantinya.

Ukuran kadar lemak ini bisa dijadikan acuan untuk program Anda.

L/P Rendah Sedang Tinggi
Laki Kurang dari 15 % 15 sampai 30 % Lebih dari 30 %
Perempuan Kurang dari 17 % 17 sampai 30 % Lebih dari 30 %

Untuk setiap kadar lemak yang berbeda , diperlukan program latihan yang berbeda pula. Disinilah yang biasanya tidak diperhatikan oleh pemula sebelum melakukan program, sehingga mengakibatkan hasil latihan tidak maksimal.

  • Perhatikan jadwal Anda

Jadwal Anda adalah hal berikutnya yang perlu diperhatikan.

  1. Tetapkan waktu latihan Anda. Jika aktifitas utama Anda dimulai pagi hari sampai sore hari, maka tetapkanlah waktu berlatih di sore hari setelah aktifitas utama, tentunya setelah Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup.
  2. Tetapkan hari apa saja Anda akan berlatih. 2 hari latihan diselingi 1 kali off atau 3 hari latihan diselingi 1 kali off bisa dijadikan permulaan. Contoh : Latihan hari senin dan selasa, off hari rabu.
  3. Tetapkan berapa lama Anda akan berlatih pada setiap sesi latihan. Misalnya : latihan fitness untuk pemula awalnya bisa dilakukan maksimal selama 30 menit per satu kali latihan, kemudian beberapa minggu di tingkatkan menjadi 45 menit sampai maksimal 60 menit.
  • Buat target Anda

Dengan mengetahui apa yang ingin Anda capai dari latihan Anda , maka Anda akan lebih termotivasi untuk berlatih. Setiap orang memiliki target berbeda yang ingin dicapai , misalnya jika Anda memiliki kelebihan lemak / diatas 30 %, maka terget utama Anda tentunya menurunkan lemak sampai mencapai kadar lemak yang normal.

Ketika target utama Anda sudah ditetapkan, maka fokus Anda selanjutnya adalah target ke dua Anda yaitu latihan Anda. Berfokuslah sekarang hanya pada latihan Anda setiap harinya, karena dgn begitu secara otomatis anda akan bisa mencapai mencapai target utama Anda.

Rumusnya : 1. Tentukan target utama Anda
           2. Tentukan target ke dua Anda
           3. Berfokuslah hanya ke target Anda yang ke dua
  • ¬†Buat anggaran Anda

Membuat anggaran juga akan menentukan keberhasilan program latihan Anda, kerena dgn begitu Anda akan lebih serius untuk melakukan latihan Anda. Coba Anda bayangkan ketika Anda harus membayar untuk suatu hal, maka Anda akan berusaha lebih dibandingkan dgn sesuatu yang Anda dapatkan secara gratisan kan..

Anggaran Anda akan menentukan :

  1. Pemilihan tempat latihan Anda
  2. Kualitas nutrisi makanan Anda

Anda bisa membuat Anggaran untuk program latihan Anda dgn cara mengurangi sedikit anggaran Anda yang lain setiap harinya. Misalnya : Anda memiliki Anggaran untuk makan di luar 2 x sehari, maka bisa Anda kurangi menjadi 1 kali sehari makan diluar dan 1 kali makan di rumah, kemudian uang dari 1 kali makan yang tidak terpakai itu bisa Anda alokasikan untuk membiayai program latihan Anda.

Disinilah keseriusan Anda akan diuji.

  • Nutrisi makanan Anda

Banyak pemula tidak memperhatikan makanan mereka, sehingga latihan mereka tidak memberikan hasil yang baik. Inilah yang biasanya membuat pemula kehilangan motivasi untuk berlatih. Jadi Anda jangan ikut melakukan kesalahan ini.
fitness untuk pemula

Mulailah memperhatikan makanan Anda , latihan fitness terutama angkat beban akan memerlukan protein lebih banyak untuk pemulihan otot setelah latihan. Jadi Anda bisa menambahkan kedalam menu Anda makanan yang banyak mengandung protein seperti, putih telur rebus, dada ayam panggang tanpa kulit, sup ikan atau ikan bakar.

Dengan makanan yang baik maka Anda akan memperoleh hasil latihan yang lebih maksimal. Dan tentu saja bentuk tubuh yang lebih baik.

Itulah beberapa tips untuk membuat goal fitness untuk pemula. Dan tentu saja penerapan secara tekun dari rencana yang Anda buat akan menentukan keberhasilan Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>